1. Melakukan latihan aerobic ringan minimal 30-60 menit setiap hari. Latihan ini bukan berarti anda musti ke gym, cukup dengan naik/turun tangga, berjalan cepat, atau apa saja yang bisa meningkatkan denyut jantung.
  2. Kegiatan seperti jogging, berenang, dan bisa juga ditambah dengan yoga, juga sangat bermanfaat.
  3. Jangan manjakan diri anda. Kegiatan rutin sehari-hari pun bisa dijadikan ajang latihan jantung, misalnya parkirlah kendaraan di posisi yang cukup jauh dari kantor anda (tentu saja cari lokasi yang aman ya...), memilih naik tangga dibanding lift atau escalator, jalan kaki menuju lokasi makan siang dan bukannya naik kendaraan. Anda juga bisa melakukan kegiatan rutin di rumah seperti menyapu, pel dan jalan-jalan keliling kompleks rumah anda. Semakin anda memilih aktifitas ringan tetapi rutin ini, jantung anda akan terlatih dan sehat.
  4. Jika anda memiliki waktu dan tentu saja ada duit yang bisa disisihkan, silakan ikuti kelas di gym dan minimal ikuti kegiatannya secara rutin 3 kali seminggu.
  5. Sebagai pelengkap untuk latihan pada point 1 di atas, anda bisa tingkatkan intensitas latihan dengan menambahkan latihan beban. Latihan ini tidak terkait langsung dengan jantung anda, tetapi bisa bermanfaat untuk menjaga otot dan tulang, terutama bagi mereka yang berada di usia 40 tahunan ke atas.
  6. Jauhi rokok, yang telah terbukti berpengaruh buruk kepada jantung dan sistem peredaran darah di tubuh anda. Rokok bisa menyebabkan stroke dan tekanan darah tinggi. Tak masalah sebanyak apa anda telah merokok selama ini, jika anda berhenti resiko di atas langsung bisa diturunkan sampai 50%. Ingat...!!! merokok di usia 35 tahun ke atas terutama pada wanita sangat beresiko.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Jejak Dengan komentar Yang Baik

 
Top