Tulisan ini adalah pengalaman pribadi jadi mohon mf bila ada yang kurang jelas saya mungkin tidak bisa jawab semua kesulitan anda.saya benar-benar nol dalam mikrotik, ini adalah pertama kali saya ngoprek mikrotik dengan proxy eksternal,sebelum ngoprek dengan tutorial ini anda harus membeli ebook odon atau hendra lin di forum clearos indonesia agar tidak bingung dalam settingan di clearos 6.  Kecuali  jika anda sudah bisa setting clearos 6 dengan squid https entah gateway atau standalone no-firewall bisa tproxy atau intercept.
Saya menganggap anda sudah berhasil install squid 3. chace https dengan gateway mode(tproxy/intercept).karena tujuan tutorial ini adalah untuk mengchace https sebab kebanyakan web sekarang menggunakan https
Topologi jaringan



Ip Clearos/proxy external            :  192.168.2.1/24
IP modem                                   : 192.168.1.1/24
IP sisi mikrotik
Eth1(modem)                              : 192.168.1.2/24 ----> Gateway sesuaikan ip modem
Eth2(proxy)                                 : 192.168.2.2/24 ----> Gateway sesuaikan IP proxy external
Eth3(local/mikrotik)                      : 172.16.197.1/24 ----> ini jadi gateway pada IP client
Sebelum ke mikrotik kita install dulu squid 3 di clearos 6 sesuai dengan ebook odon dengan mode gateway ” berarti harus ada 2 LAN “ sampai squid benar-benar  berjalan tanpa masalah. Setelah yakin squid tidak ada masalah rubah mode gateway ke mode standalone no firewall, itu artinya hanya membutuhkan 1 LAN yang mengarah ke jaringan local,disable LAN role external, dan rubah parameter LAN Local ke role  external isikan juga gateway,selesai untuk yang sisi proxy external kita menuju ke setting mikrotiknya.





Langkah pertama login dulu ke winbox mikrotik, lihat interfaces harusnya ada 3, kita kasih komen masing-masing jaringan sesuai kebutuhan. Misal eth1 “modem”, eth2 “proxy”, eth3 “local”


Selanjutnya kita kasih masing – masing eth alamat IP address, merujuk ke tulisan awal untuk penulisan IP address






Setelah IP addres selesai ditambahkan selanjutnya kita sambungkan masing kabel LAN ke masing2 jaringan. Sesuai topologi di atas.
Coba ke test masing jaringan dengan perintah ping di windows atau di winbox terserah, seharusnya semua reply kalau tidak berarti ada yang salah, sampai disini internet belum bisa buat brosing karena blm kita NAT.



Selanjutnya kita buat NAT di firewall lihat gambar






Kita juga akan menambah  route di IP -> Route masing2 untuk modem(internet), dan Proxy(external).lihat gambar



 Selanjutnya akan tampak seperti berikut



Coba kita test buat brosing, seharusnya sdh bisa tp proxy external belum jalan karena harus menambah mangle dan route jg addres list.
Selanjutnya kita akan membuat roule untuk https dan https IP ->Firewall -> Address List




Lanjut IP -> Firewall -> mangle










Selesai.untuk settingan lebih jauh silahkan cari referensi lagi.
Spesial Terimakasih banyak buat om hendra lin yang telah dengan sabar ngajari langkah demi langkah sampai berhasil
Dan untuk teman-teman yang kesulitan silahkan beli ebook om hendra, dijamin tidak akan menyesal karena benar-benar disupport sampai benar-benar bisa.

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Jejak Dengan komentar Yang Baik

 
Top